Selasa, 03 Maret 2015

Sejarah dan Tentang PT Pinang Lampung Indonesia



Sejarah dan Tentang  PT Pinang Lampung Indonesia

PT Pinang Lampung Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa  pertanian, industri, dan perkebunan, pembudidayaan tanaman pinang dan jati super. Yang didirikan pada tahun 2011 dan diresmikan pada tahun 2013.

Pada awalnya perusahaan ini bergerak hanya di bidang perkebunan pohon pinang saja, sehingga mulanya perusahaan ini diberi nama Pinang di dalamnya, namun seiring berjalannya waktu Presiden Direktur PT Pinang Lampung Inonesia  berserta dengan komisaris didalamnya mengambil satu lagi komuditi perkebunan yang dipandang sangat baik dan menguntungkan baik perusahaan maupun masyarakat banyak yaitu Jati Super dimana sampai saat ini justru yang menjadi ambasador paling dominan di PT Pinang Lampung Indonesia adalah tanaman Jati Super. Bahkan antara Pohon Pinang dan Jati Super pihak perusahaan lebih antusias ke tanaman Jati. Mengapa? Karena pertama, Jati merupakan Kayu yang kekuatannya memiliki ranking 1. Kedua, Jati termasuk kategori kayu terawet.  Ketiga, Hutan Jati pun untuk di Indonesia menjadi paru-paru dunia. Dan keempat, Pembudidayaan Jati pun telah digalakkan oleh Pemerintah RI.  Bahkan Kayu yang paling menghasilkan deviden yang besar sampai di eksor ke pangsa Internasional adalah Kayu Jati. Itu sebabnya mengapa perusahaan PT Pinang Lampung Indonesia lebih cenderung dominan pada pembudidayaan dan pengelolaan Jati Super.

Selain dari pada itu memiliki visi - misi, yaitu:
·        Visi
Menjadi Perusahaan yang terbaik dan Profesional di bidang pertanian dan perkebunan dengan pola kerja Kemitraan yang menguntungkan baik bagi perusahaan, masyarakat, dan negara.

·        Misi – misi
1.     Membantu Program Pemerintah dalam penggalakan pembudidayaan tanaman khususnya Pohon Jati Super. Dimana untuk mempertahankan Indonesia sebagai paru paru dunia.

2.   Membantu para petani perkebunan, yang ingin meningkatkan taraf perekonomian yang lebih meningkat.  Dengan program perusahaan, yaitu menjalin hubungan kerjasama kemitraan. Dimana dengan modal yang kecil menghasilkan sesuatu yang besar.

3.  Membantu masyarakat yang memiliki lahan yang banyak tetapi tidak mampu untuk mengolahnya. Dengan menjalin hubungan dengan Perusahaan kami ini akan membantu untuk membudidayakan lahan tersebut sampai produktif.


Perusahaan PT Pinang Lampung Indonesia memiliki beberapa program kerja didalamnya, yaitu:
                               
1.     Kerjasama Semi Kemitraan
Dimana para petani yang memiliki lahan minimal 1 Ha dapat menjalin hubungan kerjasama dengan pihak perusahaan. Dimana bentuk kerjasama ini adalah kerjasama semi kemitraan, dimana para petani cukup membayar 20%  per  1000 btg bibit pohon yang akan ditanam per Ha. Dan adapun hasil dibagi dua. Yaitu untuk pihak petani satu dan untuk perusahaan satu setelah dipotong 5% untuk pihak koordinator lapangan dan biaya perawatan, pemupukan.

2.     Kerjasama Full Kemitraan
Dimana para petani yang memiliki lahan minimal 5 Ha dapat menjalin hubungan kerjasama dengan pihak perusahaan. Dimana bentuk kerjasama ini adalah kerjasama full kemitraan, dimana para petani hanya menyediakan lahannya saja. Mengenai bibit semua di fasilitasi oleh perusahaan. Adapun biaya pemupukan, perawatan, obat-obatan ditanggung terlebih dulu oleh pihak perusahaan, pembayarannya dipotong setelah panen. Hasil dari pada panen di bagi tiga, yaitu untuk pihak petani, perusahaan, dan investor. 

3.     Perusahaan juga melayani pembelian bibit secara mandiri atau tanpa kemitraan. Dimana satu bibit pohon jati super seharga Rp50.000,- non subsidi artinya saat panen hasilnya bisa dijual kemana saja yang hasilnya lebih tinggi tidak berfokus pada perusahaan.

4.     Perusahaan juga melayani pembelian bibit secara kredit, minimal 1000 batang. Pembayaran DP dimuka 20% dan sisanya dicicil setahun 4 x pembayaran lunas.

Perusahaan PT Pinang Lampung Indonesia, adalah perusahaan yang pertama dan satu-satunya memiliki program kerja, dimana perusahaan sebagai investor bibit tanaman khususnya Jati Super sebagai tanaman ambasador perusahaan  bagi para petani dan membantu para masyarakat Indonesia yang memiliki lahan tetapi tidak memiliki modal untuk menanamnya.

PT Pinang Lampung Indonesia juga bekerjasama dengan Batalyon 09 Yudha Putra Pesawaran yaitu Drs. H. Rudi Yatmoko dalam menangani proyek Plasma yang berada di Bukit Gemuruh, Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Way Kanan, Lampung.  Dalam kerjasama ini pihak perusahaan mengerjakan proyek Plasma. Dimana Plasma adalah proyek yang dimiliki oleh pihak Batalyon 09 Yudha Putra Pesaawaran khususnya Bapak Komandan Batalyon Drs.H.Rudi Yatmoko, yang akan membuka translok atau membuat perkampungan yang ada di wilayah Way Kanan. Adapun pihak Perusahaan PT Pinang Lampung Indonesia dalam hal ini bertindak sebagai investor untuk Lahan atau Kebon 2 milik peserta plasma yang nantinya akan ditanamkan Jati super oleh perusahaan. Dalam hal ini pihak perusahaan, petani plasma, dan batalyon bekerja sama menjalin kemitraan yang saling menguntungkan.

Perkembangan perusahaan PT Pinang Lampung Indonesia  sedang dalam proses penanaman jati super di perkebunan terbesar yaitu Way Kanan. Perusahaan memiliki tanamannya hampir di seluruh wilayah lampung, Bali, dan Jawa. Dimana perkebunan Jati super terbesar yang sedang dikerjakan ada di Way Kanan Lampung. Tanaman perusahaan saat ini berusia relevan, ada yang telah berumur tua tahunan, bulanan, bahkan masih dalam penanaman.  Saat ini tanaman – tanaman milik para petani dan masyarakat yang telah bermitra  dan  berproduksi, hasil panennya akan dibeli oleh perusahaan dan akan diolah menjadi bahan furniture, keramik, properti,  bahan rumah, acceroris, dan ada juga yang diekspor. Begitu juga dengan pinang, yang akan dibuat food and drink.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Ada jati Neo Solomon umur 9 th lingkar batang 80-90 cm sebanyak 76 pohon, mau dijual

Unknown mengatakan...

Mau ada Pananaman bibit pohon pining baru di jawa

Petani_maculsawah mengatakan...

Tanam pinang di Subang 2 hektar panennya nunggu lama 4-5 tahun apakah masih hak milik kita setelah 4-5 tahun kemudian